Beranda | Artikel
Bab Malu dalam Menuntut Ilmu - Hadits 129-132 - Kitab Shahih Bukhari (Ustadz Badrusalam, Lc.)
Rabu, 15 Maret 2017

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Yahya Badrusalam

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Pada kajian kali ini Ustadz Badrusalam akan membawakan pembahasan tentang “Bab Malu dalam Menuntut Ilmu (129-132)“. Kajian ini beliau sampaikan pada Rabu pagi, 16 Jumadal Akhirah 1438 / 15 Maret 2017 di Radio Rodja dan RodjaTV.

Download juga kajian sebelumnya: “Bab Meninggalkan Perkara yang Mashlahat untuk Menghindari Mudharat yang Lebih Besar (126-128)

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Kitab Shahih Bukhari: Bab Malu dalam Menuntut Ilmu (129-132)

Dalam hadits yang ke 129, dikatakan bahwa:

حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ قَالَ حَدَّثَنَا مُعْتَمِرٌ قَالَ سَمِعْتُ أَبِي قَالَ سَمِعْتُ أَنَسَ بْنَ مَالِكٍ قَالَ ذُكِرَ لِي أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لِمُعَاذِ بْنِ جَبَلٍ مَنْ لَقِيَ اللَّهَ لَا يُشْرِكُ بِهِ شَيْئًا دَخَلَ الْجَنَّةَ قَالَ أَلَا أُبَشِّرُ النَّاسَ قَالَ لَا إِنِّي أَخَافُ أَنْ يَتَّكِلُوا

“Telah menceritakan kepada kami Musaddad berkata, telah menceritakan kepada kami Mu’tamir berkata, aku mendengar Bapakku berkata, aku mendengar Anas bin Malik berkata, “Disebutkan kepadaku bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda kepada Mu’adz bin Jabal:

“Barangsiapa berjumpa Allah dengan tidak menyekutukanNya dengan sesuatu apapun, maka dia akan masuk surga.” Mu’adz bertanya, “Bolehkan jika itu aku sampaikan kepada manusia?” Beliau menjawab: “Jangan, karena aku khawatir mereka akan jadi malas (untuk beramal).””

Dan di dalam hadits ke 130 dikatakan bahwa:

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ سَلَامٍ قَالَ أَخْبَرَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ قَالَ حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ عُرْوَةَ عَنْ أَبِيهِ عَنْ زَيْنَبَ ابْنَةِ أُمِّ سَلَمَةَ عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ قَالَتْ جَاءَتْ أُمُّ سُلَيْمٍ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَتْ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ لَا يَسْتَحْيِي مِنْ الْحَقِّ فَهَلْ عَلَى الْمَرْأَةِ مِنْ غُسْلٍ إِذَا احْتَلَمَتْ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا رَأَتْ الْمَاءَ فَغَطَّتْ أُمُّ سَلَمَةَ تَعْنِي وَجْهَهَا وَقَالَتْ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَوَتَحْتَلِمُ الْمَرْأَةُ قَالَ نَعَمْ تَرِبَتْ يَمِينُكِ فَبِمَ يُشْبِهُهَا وَلَدُهَا

“Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Salam berkata, telah mengabarkan kepada kami Abu Mu’awiyah berkata, telah menceritakan kepada kami Hisyam bin ‘Urwah dari Bapaknya dari Zainab puteri Ummu Salamah, dari Ummu Salamah ia berkata, “Ummu Sulaim datang menemui Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan berkata:

“Wahai Rasulullah, sesungguhnya Allah tidak malu dalam perkara yang hak. Apakah bagi wanita wajib mandi jika ia bermimpi?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab: “Ya, jika dia melihat air.” Ummu Salamah lalu menutupi wajahnya seraya bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah seorang wanita itu bermimpi?” Beliau menjawab: “Ya. Celaka kamu. (jika tidak) Lantas dari mana datangnya kemiripan seorang anak itu?”

Simak penjelasan dari hadits tersebut di dalam rekaman kajian Kitab Shahih Bukhari dengan pembahasan tentang “Bab Bertanya Sambil berdiri kepada Seorang Alim yang Sedang Duduk” berikut ini. Semoga bermanfaat

Download Kajian Kitab Shahih Bukhari: Bab Malu dalam Menuntut Ilmu (129-132)


Jangan lupa untuk ikut membagikan link download kajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+. Insya Allah bermanfaat bagi saudara Muslimin dan bagi amal ibadah kita.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/26014-bab-malu-dalam-menuntut-ilmu-hadits-129-132-kitab-shahih-bukhari-ustadz-badrusalam-lc/